Sejarah Singkat

SMA Negeri 1 Afulu berdiri sejak tahun 2006, menurut sejarahnya dirintis oleh para tokoh masyarakat Afulu yang sangat perduli dengan pendidikan anak-anak Afulu, pada saat itu daerah Afulu merupakan daerah yang sangat sulit akses transportasi dan komunikasi, bahkan jaringan listrik belum ada sama sekali. Oleh karena keadaan tersebut wilayah Afulu sangat terisolir dan lama proses berkembang.

Atas kerja sama masyarakat dan pemerintah maka berdirilah SMA Negeri 1 Afulu. Tujuan pemerintah mendirikan SMA Negeri 1 Afulu adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, yang diamanatkan pada Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

Sekarang SMA Negeri 1 Afulu telah berkembang dan maju dengan berbagai prestasi akademik dan non akademik yang diraih, yaitu sekolah yang menjadi pilihan masyarakat, hal ini terbukti dari adanya minat siswa baru kelas X yang mendaftar ke SMA  Negeri 1 Afulu dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Juga dengan kepercayaan Badan Akreditasi Sekolah yang memberikan status TERAKREDITASI Peringkat  B  (Baik).

Kurikulum yang berlaku mengacu pada Kurikulum Nasional (Kurikulum 2013) dan ditunjang dengan muatan lokal yaitu eksplorasi budaya lokal dalam hal ini budaya suku Nias yang sangat mendidik karakter siswa SMA Negeri 1 Afulu.

Selain belajar di pagi hari SMA Negeri 1 Afulu telah membentuk kelas belajar tambahan di sore hari untuk mempersiapkan siswa/I masuk PTN dan kegiatan akademik dan non akademik yang menunjang prestasi siswa baik diajang kompetisi tingkat Kabupaten, Provinsi mauapun tingkat Nasional..

Kegiatan belajar dilaksanakan oleh staf pengajar yang memiliki kulifikasi pendidikan S1 berlangsung pada PAGI HARI dan kegiatan belajar akan berlangsung enam hari kerja. Sampai dengan tahun 2020, SMA Negeri 1 Afulu telah menghasilkan lulusan yang diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negeri, melalui jalur SNMPTN, SBMPTN,SNMPN dan SPAN PTKIN. Oleh karena daerahnya berada di daerah 3T, sebagian besar siswa yang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri mendapat bantuna Bidikmisi atau KIP Kuliah dari Pemerintah, sehingga siswa dari keluarga tidak mampu, mendapat kesempatan Belajar di Perguruan Tinggi Negeri setara dengan siswa yang lain yang berasal dari keluarga yang mampu atau dari daerah perkotaan.

Berbekal kepercayaan, kerendahan hati, komitmen, kesungguhan dan keyakinan untuk berbuat lebih baik penuh dengan amanah dimasa yang akan datang, maka pada Tahun Pelajaran 2020/2021 SMA Negeri 1 Afulu kembali membuka pendaftaran Peserta Didik Baru untuk di didik menjadi siswa yang berkarakter mulia, berprestasi, dan memiliki akhlak yang cinta terhadap NKRI dan memahami nilai-nilai budaya lokal.

 

Moto Sekolah

We are 4 C (Critical Thinking, Colaboration, Comunication anda Creatifity). Program Peningkatan Mutu SMA NEGERI 1 AFULU untuk mewujudkan Peserta Didik yang Berpikir Kritis, Bekerja sama, komunikasi dan kreatif.

 

Visi Sekolah

Berpikir Kritis, Bekerjasama, Komunikatif serta Kreatif yang Berkarakter dan Bermartabat

 

Misi Sekolah

  • Siswa/i yang berkarakter dan bermartabat melalui kegiatan pendidikan penguatan karakter (kegiatan keagamaan dan kegiatan budaya daerah)
  • Pembelajaran yang aktif dengan menanamkan kompetensi siswa yang berpikir kritis,bekerjasama, berkomunikasi dan kreatif menyongsong abad 21
  • Membimbing siswa dalam bidang intrakurikuler dan ekstrakurikuler
  • Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mewujutkan sikap kritis, bekerjasama, komunikasi dan kreatifitas
  • Mengarahkan siswa/i untuk mempertajam kemampuannya dibidang yang diminati